Profile

Join date: Nov 7, 2022

About

5 Gagasan Perjalanan Mendidik ke Lokasi Rekreasi yang Sembuh dari Musibah Alam


Bicara mengenai musibah alam, Sahabat kami tentu sudah tahu kan jika negara kita yang tersayang ini sudah seringkali diterpa oleh musibah alam? Berada antara Samudra Hindia dan Samudra Pasifik dan masuk ke daerah Ring of Fire, mengakibatkan Indonesia menjadi satu diantara negara yang riskan musibah, Sob.


Tapi, meskipun kita sering ditembus oleh musibah alam, kekuatan dan bergotong-royong warga Indonesia membuat beberapa daerah yang ditembus musibah itu kembali sembuh seperti sebelumnya. Bahkan juga, lokasi-lokasi musibah itu saat ini ada yang sudah jadi tempat wisata, lho! Sahabat kami ingin tahu mengenai sangkut-paut musibah alam di Indonesia?


Inilah 5 lokasi rekreasi mendidik bagus yang harus Sahabat kami datangi! Buat Sahabat kami yang punyai anak, mereka bisa juga dibawa buat belajar mengenai riwayat, resiliensi warga, dan mitigasi musibah alam pada tempat itu. Langsung saja yok, kita saksikan ke-5 tempatnya!


1. Belajar Mitigasi Musibah di Museum Geologi, Bandung

Untuk kurangi resiko musibah alam, di Indonesia ada beberapa tempat rekreasi Bandung di mana Sahabat kami dapat pelajari mengenai apa yang kita dapat kerjakan untuk hadapi teror dari sebuah musibah. Satu diantaranya ada di tengah Kota Kembang alias Bandung. Berada tidak sangat jauh dari Gedung Sate di Jalan Diponegoro, museum yang sudah berdiri semenjak tahun 1929 ini awalannya sebagai ide dari Dinas.


Pertambangan pada jaman pemerintah Hindia Belanda sebagai area untuk menyimpan hasil tambang yang mereka peroleh. Pada lantai satu museum ini ada sebuah ruangan tujuan di mana Sahabat kami dapat belajar mengenai mitigasi musibah alam. Disamping itu, museum ini mempunyai beragam jenis koleksi, dimulai dari fosil-fosil, bebatuan, artefak budaya, sampai miniatur menara pengeboran minyak dan gas bumi.


2. Menghayati Cerita di Museum Tsunami, Aceh

Di tahun 2004 lalu, persisnya di tanggal 26 Desember, terjadi sebuah gempa bumi sejumlah 9,1 magnitudo di Samudra Hindia. Hal itu memacu tsunami hebat yang menerpa 9 negara sekelilingnya, terhitung Indonesia. Banda Aceh menjadi satu diantara wilayah yang dihajar oleh tsunami luar biasa ini. Makan sekitaran 230.000 korban jiwa.


Tsunami ini sebagai salah satunya musibah paling berat yang dirasakan oleh Indonesia. Kalau Sahabat kami ingin belajar semakin banyak mengenai musibah hebat itu, di Jalan Sultan Iskandar Muda, Banda Aceh, ada sebuah museum yang disebut lambang untuk kenang kembali beberapa korban tsunami. Direncanakan oleh Ridwan Kamil, museum ini mempunyai fasilitas sebagai tempat mitigasi tsunami.


3. Napak Tilas ke Museum Tersisa Hartaku, Yogyakarta

Siapa sich yang tidak mengenal sama kehebatan Gunung Merapi? Gunung vulkanik yang menjadi legenda ini sudah berulang-kali alami letusan. Terdaftar alami lebih dari 80 kali erupsi, Gunung Merapi telah menelan beberapa korban jiwa. Di Kabupaten Sleman, Yogyakarta, persisnya Desa Kepung, Dusun Kepuharjo, ada salah satunya tempat bagus yang perlu Sahabat kami kunjungi jika ingin lebih dekat menyaksikan saksi bisu letusan Gunung Merapi.


Dikenali bernama Museum Tersisa Hartaku, museum yang dipunyai oleh masyarakat ini simpan beragam tipe harta benda yang masih ada dari badai abu vulkanik Wedhus Gembel yang menyantap daerah sekitaran gunung di tanggal 26 Oktober 2010 lalu. Disamping itu, tidak jauh disini Sahabat kami bisa juga mendapati beberapa lokasi yang tawarkan serunya naik Jeep keliling Gunung Merapi, lho!


4. Melihat Seluk Beluk Erupsi di Museum Gunung Merapi, Yogyakarta

Masih ada di Kota Gudeg, jika Sahabat kami ingin mengenali lebih dalam riwayat dari Gunung Merapi ada satu museum kembali yang harus didatangi. Berada cuma sekitaran 3 km dari Museum Tersisa Hartaku, persisnya di Desa Banteng, Dusun Hargobinangun, Museum Gunung Merapi sebagai salah satu museum vulkanologi yang berada di Yogyakarta, Seperti di Destinasi Wisata Kuningan.


Dibuat di tahun 2005 dan disahkan 4 tahun selanjutnya, museum ini simpan banyak sekali info mendidik berkenaan gunung api. Sahabat kami bisa juga mendapati beberapa artefak tersisa letusan Gunung Merapi dari tahun 1969 sampai 2006. Disamping itu, di lantai dua Sahabat kami mendapati peraga replikasi tsunami dan gempa, lho!


5. Memperdalam Pengetahuan Vulkanologi di Museum Geopark Batur, Bali

Selainnya Museum Gunung Merapi, ada banyak lho museum gunung api di Indonesia yang tawarkan pengalaman rekreasi pembelajaran yang memikat! Satu diantaranya dapat Sahabat kami dapatkan di Pulau Dewata alias Bali. Berdiri di selatan kaki Gunung Batur, Kintamani, Museum Geopark Batur menyuguhkan beragam macam info penting berkenaan vulkanologi.


Saat masuk museum ini, Sahabat kami langsung akan disuguhi dengan miniatur dari Gunung Batur. Ada tiga ruang pembelajaran dengan topik khusus yang terbagi dalam ruangan kebumian, keberagaman hayati, dan kebudayaan. Ada beberapa pengetahuan yang dapat Sahabat kami bisa disini, dimulai dari type-tipe letusan gunung api sampai pembangunan Pulau Bali dan ke-2 gunung api yang berada di sana, yakni Gunung Batur sendiri dan Gunung Agung.

 

AubrePaterson

More actions